Menulis Sebagai Aktifitas Menyenangankan, Bukan Keterpaksaan

Tertawalah Sebelum Tertawa Itu Dilarang


Info Menarik
Banyak orang yang menyepelekan manfaat nge-joke. Padahal, dalam humor banyak sekali manfaat yang didapat. Selain pikiran jadi rileks, hati senang, otot wajah pun jadi terlatih untuk terlihat lebih fun sehingga berpengaruh ke penampilan. Makanya, banyak orang yang bilang, perbanyaklah humor agar awet muda.

Konon, Raja Sulaiman pernah berujar, “ Hati yang riang bagaikan obat yang mujarab.” Demikian pula dengan seorang penemu ilmu psikoanalisis, Sigmund Freud, “ Berkelakar seharusnya jangan dilukiskan sebagai hal yang tidak bergunaatau tanpa tujuan. Karena tujuannya justeru untuk menciptakan perasaan senang di hati para pendengarnya.”

Nah, bagi Anda yang masih meremehkan manfaat humor, coba disimak manfaat humor di bawah ini :
Setiap orang tertawa beberapa kali sehari dengan alasan yang berbeda, misalnya karena mendengar lelucon, menonton film komedi atau membaca buku komik. Rasa humor adalah salah anugerah penting yang kita miliki, dan tertawa mengungkapkan perasaan bahagia. Humor dan tawa menyebabkan efek kumulatif dari rasa senang dan kegembiraan. Selain sebagai ekspresi rasa senang atau kegembiraan, humor dan tawa menawarkan sejumlah manfaat kesehatan yang positif.

Tertawa membuat kita lebih mudah menghadapi tantangan yang berbeda dalam kehidupan. Hal ini meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah sejumlah penyakit. Terapi tawa dapat digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti hipertensi, maag, rematik, stroke, diabetes dan bahkan penyakit jantung.  Selain itu, tertawa dapat menjadi relaksasi yang baik dalam mengurangi stres dan depresi.

Manfaat tertawa bagi kesehatan fisik
Tertawa tidak hanya terkait dengan ekspresi wajah, tetapi juga menyebabkan sejumlah perubahan kimia dalam tubuh. Derai tawa yang baik membantu pengeluaran enzim dan hormon bermanfaat untuk membantu fungsi normal berbagai organ tubuh. Hal ini disebabkan adanya hubungan antara tertawa dan stimulasi otak dan kelenjar yang berbeda. Tertawa meningkatkan tubuh melepaskan antihistamin alami, mengaktifkan T-sel yakni anti-biotik alami yang diproduksi dalam tubuh. Dengan demikian meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi untuk mencegah berbagai penyakit.

Tertawa mengurangi kadar hormon tertentu, yaitu kortisol, epinephrine dan dopac, yang berhubungan dengan respon stres. Oleh karena itu membantu meringankan stres, depresi, kecemasan, kesedihan dan kemarahan. Tertawa juga mengurangi rasa sakit dengan melepaskan hormon, endorfin. Tertawa terbukti sangat bermanfaat bagi orang yang menderita hipertensi karena  tertawa dapat membantu menurunkan tekanan darah ke normal. Tertawa menyebabkan pernapasan lebih dalam dan peningkatan aliran darah, karena oksigen dan nutrisi penting yang dipasok ke seluruh bagian tubuh.

Tertawa adalah latihan yang baik untuk pernafasan, perut, punggung kaki, dan otot-otot wajah. Memperlancar fungsi usus, sebagai organ pijat perut dan memperkuat otot-otot perut. Kegiatan ini menguntungkan untuk pencernaan serta penyerapan. Tertawa juga membantu membakar kalori dan bermanfaat untuk menurunkan berat badan.
Selain manfaat kesehatan fisik, tertawa menawarkan beberapa manfaat kesehatan psikologis, yakni meningkatkan kepercayaan diri dan memberikan kekuatan mental untuk menghadapi konflik dan tantangan dalam hidup. Hal ini juga membantu kita keluar dari kecemasan dan depresi, memudahkan kita melupakan semua ketegangan dalam kehidupan kita sehari-hari yang selalu sibuk.

Tertawa meningkatkan kemampuan kita untuk berhubungan dengan orang lain. Hal ini juga menyebabkan sejumlah perubahan perilaku. Ini membuat kita bersemangat dan meningkatkan minat kami dalam kegiatan sehari-hari.

Tertawa juga menawarkan banyak manfaat sosial. Seseorang dengan wajah tersenyum selalu populer di antara kelompok atau rekan-rekannya. Tertawa mengurangi jarak antara diantara individu dan mendekatkan mereka bersama-sama. Hal ini meningkatkan komunikasi yang sehat dengan orang lain.
Tertawa positif mempengaruhi banyak aspek kehidupan kita, termasuk kesehatan, kesejahteraan dan energi, yang menyebabkan hidup, sehat kualitas. Jadi, kalau senyum dapat meningkatkan nilai wajah, tertawa memberi manfaat bagi kesehatan fisik dan psikologis kita.

Posting Komentar

Terimakasih telah mengunjungi blog saya, komentar positif dan bersifat membangun akan menjadi masukan dan perbaikan

Ayo Menulis