Menulis Sebagai Aktifitas Menyenangankan, Bukan Keterpaksaan

Semangat Itu Selalu Ada

http://www.turmuzitur.blogspot.com/
Ayomenulis. Beberapa minggu tidak menulis, mengisi blog ayomenulis, rasanya kosong dan seperti ada yang hilang dalam hidupku. Padahal satu bulan kemarin saya sudah berkomitmen untuk tetap menulis dan mendokumentasikan apa saja dari setiap pristiwa, yang saya lihat, alami, rasakan, pikirkan dan lakukan. Tapi apa daya, sebesar apapun keinginan dan komitmen melakukan sesuatu. Turmuzi tetaplah Turmuzi, yang tidak sempurna dengan segala keterbatasan dan kekurangan dimiliki.

Jujur selama beberapa minggu fakum tidak menulis, ada banyak isu, cerita menarik, catatan, pristiwa dan kejadian menarik lain sebenarnya telah saya lewatkan begitu saja, tetapi rasa malas yang demikian besar menghinggapi keinginan untuk menuliskan berbagai pristiwa tersebut membuat saya tidak mau pusing memikirkan hal tersebut dan memilih menghindar dengan memikirkan yang lain.

Tapi semakin aku menghindarkan diri dari keinginan untuk tidak menulis, meski hanya untuk sementara waktu karena faktor rasa malas, maka rasa gelisah seakan ada sesuatu yang hilang dalam hidupku, semakin kuat pula menghinggapi pikiranku. Terlebih di setipa membuka facebook saya melihat selalu ada saja teman-teman bloger lain rajin mengisi blognya dengan tulisan dan isu-isu dan pristiwa terupdate, menjadikan saya selain merasa tertinggal juga sedikit iri tidak bisa tetap menulis setiap harinya.

Maklum dalam beberapa tahun terahir , trend penggunaan media jejaring sosial berupa, kompasiana, facebook, twitter termasuk bloger sebagai wadah mengekpresikan pikiran, ide, gagasan sampai catatan harian demikian kencang dilakukan teman-teman. Sebab publikasi tulisan di media online, selain bisa memberikan ruang seluas-luasnya untuk berekspresi, dengan jangkauan luas, yang tidak terbatas oleh ruang dan waktu.

Peluang tulisan yang diposting melalui media online juga lebih besar bisa dilihat dan dibaca oleh sekian juta pengguna jejaring sosial yang ada, ketimbang publikasi melalui media cetak, yang jangkauan pembacanya tidak terlalu luas. Itulah kenapa banyak orang termasuk media online seakan berlomba-lomba menjadi terdepan dalam menyuguhkan berita, pristiwa dan informasi menarik dan teruptodate, agar mendapatkan tempat istimewa dihati pengguna internet.

Meski begitu, keinginan untuk selalu menjadi yang terdepan dan terbaik menyuguhkan pemikiran dan informasi, bagi masyarakat melalui dunia maya, khususnya bagi pengguna bloger, tidak selalu sesuai diinginkan. Dalih, semangat, kesibukan dan rasa malas kerap menjadi tantangan yang tidak terelakkan menghinggapi setiap penulis dan pengelola bloger, termasuk saya untuk tetap menulis. Tetapi seberat apapun rintangan menghambat, saya selalu meyakini, bahwa memang semangat itu selalu ada! Selama ada keinginan untuk mau melakukan apa yang dinginkan.

Posting Komentar

Terimakasih telah mengunjungi blog saya, komentar positif dan bersifat membangun akan menjadi masukan dan perbaikan

Ayo Menulis