Menulis Sebagai Aktifitas Menyenangankan, Bukan Keterpaksaan

Berekspresi dan Menggali Potensi Diri

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa dampak sedemikian rupa bagi kehidupan manusia, khususnya di bidang Teknologi Iformasi (TI). Di zama yang sudah demikian moderen seperti sekarang ini, segala sesuatu aktivitas dalam kehidupan sehari-hari bisa dilakukan dengan mudah.

Melalui media online (internet). Setiap orang bisa dengan mudah mengetahui tentang segala sesuatu informasi terbaru tentang berbagai hal di seluruh dunia, setiap yang hendak berkomunikasi maupun melakukan transaksi, cukup dilakukan melalui media online.

Mulai dari telepon seluler, jejaring sosial facebook, twitter, bloger maupun mesin melalui mesin pencari googel. Meski begitu keberadaan media online, belum sepenuhnya mampu dimanfaatka secara maksimal oleh sebagian besar masyarakat, terutama sebagian dari teman-teman kalangan muda, pelajar dan mahasiswa. 

Jejaring sosial lebih banyak dimanfaatkan hanya untuk hal yang sebenarnya kurang terlalu bermanfaat dan membuang waktu secara sia-sia, termasuk facebook. Bahkan yang paling parah, ada semacam stigma negatif dari sebagian kalangan kaum intlektual, (dosen dan guru), kalau internetan tidak lebih sebatas pekerjaan kurang produktif dan hanya akan membuang banyak waktu.

Stigma tersebut, sebagian kecilnya ada benarnya juga, kalau sekedar untuk facebook, jelas kurang bermanfaat. Tetapi kalau bisa dimanfaatkan dengan baik, internet sebenarnya bisa berdampak positif, baik secara intlektual maupun finansial, bagi penggunanya. 

Ngeblog misalkan, selain sebagai wadah mengekspresikan ide, gagasan dan pemikiran, mengasah kemampuan menganalisis berbagai persoalan melalui tulisan, juga bisa menjadi mesin penghasil uang, kalau saja dikelola secara profesional dan uptodate.

Lalu bagaiman seharusnya memanfaatkan media oline, agar lebih bermanfaat dan memiliki nilai jual di mata pengunjung, ketimbang menghabiskan waktu untuk facebook dengan membuat status galau dan sibuk membuka profil cewek maupun cowok yang muncul didinding facebook kita, minta kenalan dan nomor handphon. 

Alangkah baiknya teman-teman bisa menggunakan waktu tersebut dengan ikut lomba yang diselenggarakan sejumlah situs website di internet. Belakangan ini banyak sekali situs website di internet yang mengadakan lomba. Dari lomba bloger, menulis, hingga lomba foto, bertemakan pendidikan sosial hingga budaya. 

Hadiahnya juga cukup menggiurkan, cukup untuk biaya nikah...he...he....mulai dari puluhan hingga ratusan juta rupiah. Seperti yang diselenggarakan www.burufly.com, http://awards.xl.co.id, dan situs www.kopasiana.com, beberapa waktu lalu.

Waw hebat kan. Makanya buruan bagi teman-teman yang hobi ngeblog, menulis, dan hobi foto-foto, eit tapi fotonya jangan yang porno ya, tetapi foto yang bagus dan memiliki nilai seni, alangkan baiknya disalurkan pada tempat yang benar, atau dengan kata lain media yang lebih bermanfaat dan menguntungkan. 

Di bawah ini merupakan salah satu lomba menulis dan foto yang diselenggarakan perusahaan telekomunikasi xl. Makanya buruan daftarkan diri kamu segera ke alamat yang sudah saya tuliskan di atas, mengingat untk lomba menulis dan foto yang diselenggarakan xl.

Batas ahir sampai dengan tanggal 31 agustus, sedangkan lomba foto dari www.burufly.com dari tanggal 20 Agustus sampai dengan 20 september 2013. Ekspresikan dirimu, tunjukkan kemampuanmu, buktikan kalau kamu pasti bisa. Buktinya www.turmuzitur.blogspot.com juga bisa. Kalau mereka bisa, kita juga pasti bisa. Selamat berkompetisi

2 komentar

24 Agustus 2013 19.17

ya,warga lombok harus berani menulis yg teratur. menulis segala potensi diri dan lombok. keren blognya, pak. ditunggu kunjungan baliknya

Reply
25 Agustus 2013 21.58

ok makasih, selamat bergabung. semoga komunitas bloger di Lombok dan NTB secara kesuluran bisa makin banyak dan menghasilkan banyak karya bagus

Reply

Posting Komentar

Terimakasih telah mengunjungi blog saya, komentar positif dan bersifat membangun akan menjadi masukan dan perbaikan

Ayo Menulis